PENGARUH PROGRAM FLASH SALE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DAN SHOPPING ENJOYMENT PADA MASYARAKAT KECAMATAN BOJONG GEDE KABUPATEN BOGOR

Penulis

  • Siska Maya Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Aprilia Fauziah Sahri Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Kata Kunci:

Flash sale; Pembelian Impulsif; Shopping Enjoyment; Marketplace

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh program flash sale terhadap pembelian impulsif dan shopping enjoyment pada masyarakat Kecamatan Bojong Gede. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan SPSS 25. Populasi penelitian sebanyak 263.642 orang, dengan sampel 100 orang yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data penelitian berupa data sekunder yang dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data meliputi Uji Linear Berganda, Uji t, dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, program flash sale berpengaruh terhadap pembelian impulsif dan shopping enjoyment. Penelitian ini memberikan wawasan tentang perilaku konsumen di Kecamatan Bojong Gede terkait program flash sale.

Kata Kunci:  Flash sale, Pembelian Impulsif, Shopping Enjoyment, Marketplace

Referensi

Afandi, A. R., & Hartati, S. (2017). Pembelian Impulsif pada Remaja Akhir Ditinjau dari Kontrol Diri. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, 3(124), 123–130. https://journal.ugm.ac.id/gamajop/article/download/44103/23970

Afif, M., & Purwanto, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(40), 34–50. https://doi.org/10.47201/jamin.v2i2.51

Aisyah, W. N., Anwar, M. K., & Malihah, L. (2022). Pengaruh Tagline Shopee “Gratis Ongkir Xtra”Terhadap Minat Belanja Online(Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). Ekonomi Dan Bisnis, 1(13), 12–22. http://qjurnal.my.id/index.php/sur/article/view/113/74

Andika, M., & dkk. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Education and Technology, 1(1), 24–29. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/36/31

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18

Azizah, I. N., & Indrawati, I. (2022). the Influences of Flash Sale Promotion on Shopping Enjoyment and Impulse Buying of Shopee Consumers Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(2059), 2055–2072. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2394

Darma, B. (2021). Statitika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F, R2 ). Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=acpLEAAAQBAJ&dq=uji+validitas&lr=&source=gbs_navlinks_s.

Devica, S. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Flash Sale Belanja Online Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2276

Fatoni, U. F., & Rochmah, A. (2022). The Effect of Flash Sale and Free Shipping on Purchasing Decisions on The Shopee Marketplace (Study on Students in MAN Kota Tegal). Basic And Applied Computationel And Advanced Reserch Journal, 2(22), 20–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.11594/bacarj.02.01.04

Gerry, P., & Widjojo, S. (2022). Shopping enjoyment, in-store browsing and impulse buying on sport shoes among the Generation Y. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(141), 140–147. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.2.140

Hafidz, G. P., & Tamzil, F. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 12(02). https://doi.org/10.47007/jeko.v12i02.4152

Handayani, F., Parlyna, R., & Yusuf, M. (2021). Peran Ketersediaan Uang dalam Memoderasi Pengaruh Motivasi Hedonis dan Motivasi Utilitarian Terhadap Pembelian Impulsif Pada E-Commerce. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 1–16. http://103.8.12.68/index.php/jbmk/article/view/161

Jayani, D. H. (2023). Tren Pengguna E-Commerce Terus Tumbuh. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023

Limento, N. Y., & Cahyadi, L. (2020). Analisis Pengaruh Brand Loyalty, Brand Association, Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian. JCA of Economics and Business, 1(02)., 1(4), 02.

Mustikasari, Anwar, S. M., & Hasbi, A. R. (2023). The effect of viral marketing,promotions and flash sales on the purchase intention online shopping z generation in marketplace tiktok shop. The Effect of Viral Marketing,Promotions and Flash Sales on the Purchase Intention Online Shopping z Generation in Marketplace Tiktok Shop, 12(4841), 4841–4848. https://www.enrichment.iocspublisher.org/index.php/enrichment/article/download/1058/832

Putra, A. P., & Adam, M. (2021). Pengaruh Shopping Enjoyment terhadap Impulse Buying dengan Product Browsing sebagai Variabel Mediasi pada Kosnumen. Jim.Unsyiah.Ac.Id, 4(55), 52–61. http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/13590

Renita, I. (2022). Pengaruh Program Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif dan Shopping Enjoyment Pada Mahasiswa Pengguna Shopee di Yogyakarta. Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 1–134. file:///C:/Users/April/Downloads/123.pdf

Rizki Octaviana, A., Komariah, K., Mulia, F., & Sukabumi, U. M. (2022). Analysis Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation And Flash Sale On Online Impulse Buying Analisis Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation Dan Flash Sale Terhadap Online Impulse Buying. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(1963), 1961–1970. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Rohman, F. (2012). Peran Faktor Situasional dan Perilaku Pembelian Impulsif. Universitas Brawijaya Press (UB Press). https://books.google.co.id/books/about/Peran_faktor_situasional_dan_perilaku_pe.html?id=qiV_LJuVRuIC&redir_esc=y

Rozaini, N., & Ginting, B. A. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion. Niagawan, 8(1), 1. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i1.12795

Rusiyati, S., Suleman, D., Riftiasari, D., Suharyadi, D., Marwansyah, S., & Sabil, S. (2021). How Enjoyment, Trust in Intention When Choosing a Shopping Place. Dinasti International Journal of Management Science, 2(4), 551–560. https://doi.org/10.31933/dijms.v2i4.116

Sanoesi, O. W. N. R., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Presepsi Kemudahan, Manfaat, Intensitas Penggunaan, Gaya Hidup Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Shopee Paylater. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA), 4, 1–25.

Satpathy, S., Karumuri, V., & Satpathy, susanta kumar. (2021). Analysing the impact of retail store attributes on unplanned buying intention with mediating role of shopping enjoyment and store perception: An Empirical study. Journal of Contemporary Issues in Business and Government, 27(02), 1–8. https://doi.org/10.47750/cibg.2021.27.02.225

Siti Noor Aisyah, & Syaiko Rosyidi. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Customer Review, Customer Rating Dan Promosi Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee. Jurnal Kompetitif, 12(49), 48–60. https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.83

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). CV. Alfabeta.

Supardi, & Ayu, L. (2022). Analisis Faktor-Faktor Repeat Order Terhadap Implementasi Strategi Flash Sale Pada User Aplikasi Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(17), 17–23. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jurimea.v3i3

Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RnA-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=Metode+Penelitian:Kuantitatif,+Kualitatif+dan+Penelitian+Gabungan+(Edisi+Pertama)&ots=Jy9pEh_x5e&sig=WRSHqABpfE76w76lDWbgE38sFYA&redir_esc=y#v=onepage&q=Metode Penelitian%3AKuanti

Unduhan

Diterbitkan

08-01-2025

Cara Mengutip

Siska Maya, & Aprilia Fauziah Sahri. (2025). PENGARUH PROGRAM FLASH SALE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DAN SHOPPING ENJOYMENT PADA MASYARAKAT KECAMATAN BOJONG GEDE KABUPATEN BOGOR . Jurnal Ekonomi Akuntansi Manajemen (JEAM), 1(1), 73–98. Diambil dari https://jeam.uniku.ac.id/index.php/pub/article/view/15