PENGARUH PROGRAM FLASH SALE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DAN SHOPPING ENJOYMENT PADA MASYARAKAT KECAMATAN BOJONG GEDE KABUPATEN BOGOR
Kata Kunci:
Flash sale; Pembelian Impulsif; Shopping Enjoyment; MarketplaceAbstrak
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh program flash sale terhadap pembelian impulsif dan shopping enjoyment pada masyarakat Kecamatan Bojong Gede. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan SPSS 25. Populasi penelitian sebanyak 263.642 orang, dengan sampel 100 orang yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data penelitian berupa data sekunder yang dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data meliputi Uji Linear Berganda, Uji t, dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, program flash sale berpengaruh terhadap pembelian impulsif dan shopping enjoyment. Penelitian ini memberikan wawasan tentang perilaku konsumen di Kecamatan Bojong Gede terkait program flash sale.
Kata Kunci: Flash sale, Pembelian Impulsif, Shopping Enjoyment, Marketplace
Referensi
Afandi, A. R., & Hartati, S. (2017). Pembelian Impulsif pada Remaja Akhir Ditinjau dari Kontrol Diri. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, 3(124), 123–130. https://journal.ugm.ac.id/gamajop/article/download/44103/23970
Afif, M., & Purwanto, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(40), 34–50. https://doi.org/10.47201/jamin.v2i2.51
Aisyah, W. N., Anwar, M. K., & Malihah, L. (2022). Pengaruh Tagline Shopee “Gratis Ongkir Xtra”Terhadap Minat Belanja Online(Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). Ekonomi Dan Bisnis, 1(13), 12–22. http://qjurnal.my.id/index.php/sur/article/view/113/74
Andika, M., & dkk. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Education and Technology, 1(1), 24–29. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/36/31
Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18
Azizah, I. N., & Indrawati, I. (2022). the Influences of Flash Sale Promotion on Shopping Enjoyment and Impulse Buying of Shopee Consumers Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(2059), 2055–2072. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2394
Darma, B. (2021). Statitika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F, R2 ). Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=acpLEAAAQBAJ&dq=uji+validitas&lr=&source=gbs_navlinks_s.
Devica, S. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Flash Sale Belanja Online Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2276
Fatoni, U. F., & Rochmah, A. (2022). The Effect of Flash Sale and Free Shipping on Purchasing Decisions on The Shopee Marketplace (Study on Students in MAN Kota Tegal). Basic And Applied Computationel And Advanced Reserch Journal, 2(22), 20–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.11594/bacarj.02.01.04
Gerry, P., & Widjojo, S. (2022). Shopping enjoyment, in-store browsing and impulse buying on sport shoes among the Generation Y. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(141), 140–147. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.2.140
Hafidz, G. P., & Tamzil, F. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 12(02). https://doi.org/10.47007/jeko.v12i02.4152
Handayani, F., Parlyna, R., & Yusuf, M. (2021). Peran Ketersediaan Uang dalam Memoderasi Pengaruh Motivasi Hedonis dan Motivasi Utilitarian Terhadap Pembelian Impulsif Pada E-Commerce. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 1–16. http://103.8.12.68/index.php/jbmk/article/view/161
Jayani, D. H. (2023). Tren Pengguna E-Commerce Terus Tumbuh. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023
Limento, N. Y., & Cahyadi, L. (2020). Analisis Pengaruh Brand Loyalty, Brand Association, Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian. JCA of Economics and Business, 1(02)., 1(4), 02.
Mustikasari, Anwar, S. M., & Hasbi, A. R. (2023). The effect of viral marketing,promotions and flash sales on the purchase intention online shopping z generation in marketplace tiktok shop. The Effect of Viral Marketing,Promotions and Flash Sales on the Purchase Intention Online Shopping z Generation in Marketplace Tiktok Shop, 12(4841), 4841–4848. https://www.enrichment.iocspublisher.org/index.php/enrichment/article/download/1058/832
Putra, A. P., & Adam, M. (2021). Pengaruh Shopping Enjoyment terhadap Impulse Buying dengan Product Browsing sebagai Variabel Mediasi pada Kosnumen. Jim.Unsyiah.Ac.Id, 4(55), 52–61. http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/13590
Renita, I. (2022). Pengaruh Program Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif dan Shopping Enjoyment Pada Mahasiswa Pengguna Shopee di Yogyakarta. Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 1–134. file:///C:/Users/April/Downloads/123.pdf
Rizki Octaviana, A., Komariah, K., Mulia, F., & Sukabumi, U. M. (2022). Analysis Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation And Flash Sale On Online Impulse Buying Analisis Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation Dan Flash Sale Terhadap Online Impulse Buying. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(1963), 1961–1970. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Rohman, F. (2012). Peran Faktor Situasional dan Perilaku Pembelian Impulsif. Universitas Brawijaya Press (UB Press). https://books.google.co.id/books/about/Peran_faktor_situasional_dan_perilaku_pe.html?id=qiV_LJuVRuIC&redir_esc=y
Rozaini, N., & Ginting, B. A. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion. Niagawan, 8(1), 1. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i1.12795
Rusiyati, S., Suleman, D., Riftiasari, D., Suharyadi, D., Marwansyah, S., & Sabil, S. (2021). How Enjoyment, Trust in Intention When Choosing a Shopping Place. Dinasti International Journal of Management Science, 2(4), 551–560. https://doi.org/10.31933/dijms.v2i4.116
Sanoesi, O. W. N. R., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Presepsi Kemudahan, Manfaat, Intensitas Penggunaan, Gaya Hidup Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Shopee Paylater. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA), 4, 1–25.
Satpathy, S., Karumuri, V., & Satpathy, susanta kumar. (2021). Analysing the impact of retail store attributes on unplanned buying intention with mediating role of shopping enjoyment and store perception: An Empirical study. Journal of Contemporary Issues in Business and Government, 27(02), 1–8. https://doi.org/10.47750/cibg.2021.27.02.225
Siti Noor Aisyah, & Syaiko Rosyidi. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Customer Review, Customer Rating Dan Promosi Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee. Jurnal Kompetitif, 12(49), 48–60. https://doi.org/10.52333/kompetitif.v12i1.83
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). CV. Alfabeta.
Supardi, & Ayu, L. (2022). Analisis Faktor-Faktor Repeat Order Terhadap Implementasi Strategi Flash Sale Pada User Aplikasi Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(17), 17–23. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jurimea.v3i3
Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RnA-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=Metode+Penelitian:Kuantitatif,+Kualitatif+dan+Penelitian+Gabungan+(Edisi+Pertama)&ots=Jy9pEh_x5e&sig=WRSHqABpfE76w76lDWbgE38sFYA&redir_esc=y#v=onepage&q=Metode Penelitian%3AKuanti