PENGARUH DISKON DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE
Kata Kunci:
Discount;, free shipping;, Purchase decision;Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh diskon dan gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee masyarakat Desa Kertayasa. Menggunakan metode kuantitatif dengan 100 responden yang dipilih melalui purposive sampling, penelitian ini melakukan uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil menunjukkan bahwa diskon memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (t hitung 5,318 > t tabel 1,984; signifikansi 0,000 < 0,05), begitu pula dengan gratis ongkir (t hitung 4,868 > t tabel 1,984; signifikansi 0,000 < 0,05). Secara simultan, kedua variabel juga berpengaruh signifikan (f hitung 84,154 > f tabel 3,09; signifikansi 0,000 < 0,05) dengan nilai R Square 0,634, menunjukkan kontribusi sebesar 63,4%. Penelitian ini menegaskan pentingnya diskon dan gratis ongkir sebagai faktor yang memengaruhi keputusan pembelian di marketplace Shopee.
Referensi
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep Dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Auli, S., Basamalah, M. R., & Millannityas, R. (2021). Pengaruh Diskon Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. e-Jurnal Riset Manajemen.
Azwari, A. (2021). Pengaruh Price Discount Dan Kualitas Produk Pada Impluse Buying Di Situs Belanja Online Shopee Indonesia. Technobiz International Journal of Business.
Belch, G. E. & Belch, M. A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. 8th Edition. New York : Pearson Education.
Burhanuddin, N. (2018). Pengaruh Keragaman Produk Dan Free Shipping Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Situs Jual Beli Online Shopee Di Kota Makassar.
Dwi Martika, L., Hamzah, A., & Puspasari, O. R. (2024). The Dynamics Of Financial Literacy And Accounting Literacy In Coastal Communities. Jurnal Akuntansi, 28(02), 300–318. http://dx.doi.org/10.24912/ja.v28i2.1856
Hamzah, A. (2019). Literasi keuangan dan inklusi keuangan syariah di kalangan tenaga pendidik kabupaten kuningan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 7(2), 175–188. https://doi.org/https://doi.org/10.35836/jakis.v7i2.76
Hamzah, A., Nurhayati, N., & Purnama, D. (2024). Optimalisasi Peran Perempuan dalam Pengelolaan Keuangan Keluarga Di Era Digital. Dimas Canthing : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.48144/jpm.v1i2.1802
Hamzah, A., & Suhardi, D. D. (2019). Tingkat Literasi Keuangan Dan Financial Technology Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 5(2), 97–108.
Hamzah, A., & Suhendar, D. (2020). Financial Inclusion Model On The Development Of Batik SMEs In Cirebon Regenvy. Jurnal Minds : Manajemen Ide Dan Inspirasi, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.24252/minds.v7i2.16512
Hamzah, A., Suhendar, D., & Arifin, A. Z. (2023). Factors Affecting Cloud Accounting Adoption In SMEs. Jurnal Akuntansi, 27(3), 442–464. https://doi.org/10.24912/ja.v27i3.1520
Hamzah, A., Wiharno, H., Rahmawati, T., Akuntansi, P. S., Ekonomi, F., Kuningan, U., & Barat, J. (2022). PENGELOLAAN KEUANGAN RUMAH TANGGA DI ERA PANDEMI COVID-19 DALAM MENCEGAH FAMILY FINANCIAL. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 05, 272–278.
Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit-Universitas Diponegoro.
Ghozali. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit-Universitas Diponegoro.
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit-Universitas Diponegoro.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit-Universitas Diponegoro.
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Isnaini, A. (2005). Model Dan Strategi Pemasaran. Makassar: Ntp Pers.
Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Manajemen, 288–298.
Isyanto, B., & Nugroho, L. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC Di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis.
Jannah, M., Wahono, B., Khalikussabir. (2022). Pengaruh Diskon Flash Sale, Rating Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. e-Jurnal Riset Manajemen.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2003). Fundamentos de marketing. Pearson education.
Kotler & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Lemeshow, S. & David, J. (1997). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Marpaung, I., & Lubis, F. (2022). Pengaruh Iklan, Sistem COD, Dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktokshop (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Sumatera Utara). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI UNSRAT).
Mehta, C. R., & Patel. N. R. (1996). IBM SPSS Exact Tests.
Melfaliza, D., & Nizam, A. (2022). Pengaruh Promo Gratis Ongkir, Customer Review Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam.
Nisa, F. S. (2023). Pengaruh Diskon, Cashback, dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Purwokerto).
Nugroho, J. S. (2018). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran.
Oetomo, B. S. D. (2007). Konsep Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Pratiwi, N. (2017). 1 Tingkat signifikansi untuk uji satu arah 0.05 dan seterusnya. Wordpress. Diakses 15 Juli 2024 dari https://rufiismada.files.wordpress.com/2012/10/tabel-r.pdf.
Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisplin Indonesia.
Santoso, W. A., & Rosyidi, S. (2024). Pengaruh Diskon, Promosi Penjualan, Gratis Ongkir, Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee (Studi Kasus Konsumen Shopee Di Kabupaten Rembang). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE).
Saptarini, B. A. N., & Apriyanti. (2022). Pengaruh Rating Dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 4.
Sari, E. (2022). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim, Online Customer Review, Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas HKBP Nommensen Medan. Universitas HKBP Nommensen, 1.
Sari, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pakaian Impor Second Di Pasar Jongkok (PJ) Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Dalam Perspektif Ekonomi Islam.
Sari, Novita, V., & Nugroho. (2019). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskn, Dan Iklan Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwahawa Yogyakarta.
Shopee. (2021). About Shopee. Diakses pada 25 Maret 2024 dari https://careers.shopee.co.id/about.
Simamora, A. A. N., & Fatira, M. (2019). Kemudahan Aplikasi dan Keragaman Produk Dalam Membentuk Keputusan Pembelian Generasi Milenial Berbelanja Secara Online. Jurnal Maneksi.
Similarweb. (2024). Ecommerce & Shopping. Indonesia. Similarweb.com
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Thomson. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsumen Pada Warung Ucok Durian Iskandar Muda Medan Terhadap Keputusan Pembelian.
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Webiste Resmi Desa Kertayasa. (2024). Diakses pada 15 Mei 2024 dari https://kertayasa.id
Winardi. (2010). Marketing dan Perilaku Konsumen. Bandung: CV Mandar Maju.
Wong, J. (2010). Internet Marketing For Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.